Clipping Objek 3 Dimensi Menggunakan Algoritma Modifikasi Shuterland-Hodgman

Edy Santoso, Marji -

Abstract


ABSTRAK

Algoritma modifikasi Sutherland-Hodgman yang telah diteliti sebelumnya hanya bisa menangani beberapa kasus, yaitu clipping terhadap banyak segitiga yang berada di dalam window, kedua segitiga yang memotong satu sisi window dimana bagian segitiga berada di sisi dalam pemotongan  dan ketiga bagian segitiga sisa bukan bagian yang dalam pemotongan, hal ini mengakibatkan hasil clipping kurang halus. Untuk itu perlu dikembangkan algoritma dan implementasi simulasi clipping wajah dengan memodifikasi  dan mengembangkan lagi algoritma Sutherland-Hodgman, sehingga mampu menangani banyak kasus yang kemungkinan terjadi. Penelitian ini membangun sistem simulasi pemotongan (clipping) pada permukaan wajah manusia yang dimodelkan dengan menggunakan kumpulan polygon segitiga yang saling berhubungan. Operasi pemotongan kulit permukaan wajah dapat disimulasikan dengan menggunakan algoritma modifikasi Sutherland-Hodgman. Dari hasil penelitian beberapa kasus yang telah diidentifikasi dapat ditangani dengan baik.

 

Kata kunci: Pemotongan Permukaan, Polygon segitiga, Algoritma Sutherland-Hodgman.

 

 

ABSTRACT

Algorithm modify Sutherland-Hodgman which have been checked previously only can handle some case, that is clipping to many trilateral which reside in window, crosscut trilateral one side of window where trilateral shares reside in side in cutting and third trilateral shares  rest of non part of which in cutting, this matter result result of clipping less smooth. For that require to be developed by simulation implementation and algorithm of clipping face with modifying and developing again algorithm of Sutherland-Hodgman, so that can handle many case which is possibility happened. This Research will develop cutting simulation system (clipping) at surface of modeled human being face by using corps of polygon trilateral which is interaction. Operate for cutting of husk surface of face earn simulation by using algorithm modify Sutherland-Hodgman. From result of research some case which have been identified can handle better.

 

Keywords: Cutting of Surface, Trilateral Polygon, Algorithm of Sutherland-Hodgman


Refbacks

  • There are currently no refbacks.