Aplikasi Fuzzy Ordered Weighted Averaging (OWA) Dalam Multi Kriteria Analisis Untuk Penentuan Kelas Area Bencana Lumpur Lapindo

Candra Dewi, Ani Budi Astuti, Putra Pandu Adikara

Abstract


ABSTRAK

Penentuan area yang berbahaya dari suatu sumber bencana sangat penting untuk memberikan informasi tentang area yang mungkin terdampak bencana tersebut. Dalam analisa tingkat bahaya terhadap bencana alam kadang timbul fuzziness yang terkait dengan adanya informasi yang tidak lengkap terhadap lingkungan sistem dan ketidakpastian dalam pengukuran. Untuk kasus analisa tingkat bahaya yang memiliki informasi yang tidak presisi, metode standarisasi yang bisa digunakan adalah dengan metode fuzzy.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode fuzzy Ordered Weighted Averaging (OWA) dalam evaluasi multi kriteria daerah berbahaya Lumpur Lapindo. Hasil yang diperoleh dari penerapan fuzzy dari masing-masing kriteria ini kemudian digunakan untuk menampilkan informasi area berdasarkan tingkat bahaya dengan menggunakan analisa spasial. Sedangkan untuk analisa sensitifitas, digunakan nilai kriteria pada batas bawah, batas tengah dan batas atas.

Berdasarkan hasil analisa spasial diketahui bahwa sekitar 56,35% area dikategorikan kelas kerawanan rendah (Z3), daerah dengan kelas kerawanan sedang (Z2) mencakup luas sekitar 28,07%, kelas keranan tinggi (Z1) dan daerah tidak rawan (Z4) secara berturut-turut hanya menempati luasan 15,33% dan 0,24% dari total area pemukiman. Dari hasil overlay peta kerawanan ini dengan peta terdampak dapat diketahui bahwa terdapat daerah diluar daerah terdampak yang termasuk dalam kelas kerawanan sedang dan tinggi. Dan dari hasil analisa sensitifitas diketahui bahwa zona Z1 dan Z4 tidak begitu sensitif untuk nilai dari batas tengah sampai atas, zona Z2 dan Z3 tidak begitu sensitif untuk nilai dari batas bawah sampai batas tengah.

 

Kata kunci: analisa multi kriteria, analisa spasial, fuzzy OWA

 

 

ABSTRACT

Determining vulnerable area of hot mud volcano is important to provide information on the extent of the areas affected by the hazard. Vulnerability analysis for natural hazard deals with uncertainty arises due to the lack of information about system behavior (vagueness, ambiguity, fuzziness) and inexactness of measurement (impreciseness, fuzziness). Fuzzy approach can be used to overcome this fuzziness.

The objectives of this paper are to implement fuzzy Ordered Weighted Averaging (OWA) for multi-criteria evaluation of mud volcano vulnerable area and to develop mud volcano vulnerable map using proposed method in Lapindo Mud area. The calculation of membership degree used sigmoid and triangular membership function. The sensitivity analysis was done at lower, middle and upper value of the range.

Base on the spatial analysis was found that low hazardous area (Z3) covered about 56.35% area, while 28.07% considered as moderate hazardous area (Z2), 15.33% as high hazardous area (Z1) and 0.24% as not impacted area (Z4). Base on sensitivity analysis also found that classes Z1 and Z4 were not enough sensitive between the middle and upper range, while classes Z2 and Z3 were not enough sensitive between the lower and middle range.

 

Keywords: multi criteria analysis, spatial analysis, fuzzy OWA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.